klik

Cara Memperkuat Sinyal Lemah HP Android Tanpa Aplikasi

Cara Memperkuat Sinyal HP Android - Sinyal smartphone android yang naik turun tidak stabil akan membuat perangkat bekerja lebih ekstra mencari sinyal. Hal ini akan menyebabkan smartphone cepat panas bahkan baterai Hp anda akan cepat habis. Nah, Kali ini kami akan mengulas beberapa teknik bagaimana cara memperkuat penangkapan sinyal ponsel android anda tanpa menggunakan aplikasi tambahan.


Sinyal merupakan sesuatu yang sangat penting pada smartphone, baik itu jaringan GPRS, 2G, EDGE, 3G, 3.5G (HSDPA), 4G (LTE) atau bahkan 5G. Tanpa sinyal yang memadai, smartphone anda tidak akan berarti apa-apa. Jangankan untuk mengakses internet atau membuka fitur-fitur canggih pada handphone cerdas anda, tanpa adanya sinyal yang cukup, anda akan kesulitan berkomunikasi seperti SMS maupun telpon. Sinyal lemah akan jadi momok menakutkan bagi pemilik smartphone.
Sebenarnya ada 2 faktor yang mempengaruhi penangkapan sinyal pada smartphone anda yang saling berkaitan. Pertama, masalah provider. Kedua, kinerja smartphone anda. Jika jangkauan sinyal provider dan kinerja ponsel anda sama-sama bagus, tentu tidak akan ada masalah. Tapi jika kedua-duanya atau salah satunya tidak bagus, inilah masalahnya.

Jika sinyal HP anda tiba-tiba hilang, aplikasi tertentu mungkin dapat membantu mengatasinya. Tapi jika area/ lingkungan sekitar anda tidak tercover penangkapan sinyal yang memadai dari penyedia provider, mau tidak mau anda harus mencari cara agar kinerja penangkapan sinyal pada smartphone anda meningkat. Bagaimana caranya?

Cara Memperkuat Sinyal Lemah HP Android tanpa Aplikasi

Berikut beberapa tips cara mengatasi sinyal lemah handphone yang naik turun tidak stabil, meningkatkan dan memperkuat  kinerja smartphone android agar penangkapan sinyal HP semakin kuat dan stabil.

 1. Reboot/ Restart Smartphone

Terlalu banyak aplikasi yang berjalan pada background tanpa menutupnya dengan benar, akan menyebabkan kinerja ponsel menjadi lebih lambat, termasuk dalam mencari dan menangkap sinyal. Dengan mematikan dan menyalakannya kembali, maka semua aplikasi akan ditutup dan smartphone anda akan bekerja lagi secara optimal saat kembali dinyalakan.

 2. Mode Airplane

Nyalakan beberapa saat kemudian matikan lagi mode pesawat/airplane mode. Cara ini sebenarnya hampir sama dengan cara pertama, hanya saja tujuannya lebih spesifik untuk merefresh kinerja penangkapan sinyal. Saat mode airplane dihidupkan, maka semua penangkapan sinyal akan dimatikan dengan paksa. Saat mode airplane dimatikan kembali maka smartphone akan mencari sinyal baru secara optimal.

 3. Set di Satu Jaringan

Pilihan memilih jaringan pada 2G Only (GSM), 3G Only (WCDMA), atau 4G Only (LTE) bisa digunakan untuk mengoptimalkan penagkapan sinyal tidak gampang hilang. Jika area tempat anda tidak didukung jaringan 4G (LTE) dari provider kartu yang anda gunakan, sebaiknya pilihan ini dimatikan saja. Tujuannya, agar penangkapan sinyal lebih stabil. Disamping itu, baterai akan lebih awet dari biasanya karena handphone tidak akan mencari jaringan berbeda terus-menerus.

 4. Cari Tempat Terbuka/ Lebih Tinggi

Keberadaan dinding, gedung bertingkat atau ruangan tertutup bisa menghalangi dan mempengaruhi penangkapan sinyal pada smartphone. Saat berada didalam basement atau ruangan tertutup apalagi lokasi tower pemancar cukup jauh, biasanya suara telephone akan terputus-putus, kita juga akan kesulitan mengakses internet. Coba cari tempat yang lebih terbuka atau tempat yang lebih tinggi agar penangkapan sinyal androidmu kembali normal.

 5. Ganti Kartu Provider

Lokasi tower pemancar disetiap daerah biasanya tidak berada dalam satu tempat. Jika sinyal hp Anda lemah, kemungkinan tower pemancar kartu provider yang sedang anda gunakan jaraknya cukup jauh. Coba ganti kartu provider yang tower pemancarnya lebih dekat dengan lokasi rumah anda.

 6. Buat Sendiri Penguat Sinyal Sederhana

Untuk meningkatkan penangkapan sinyal android, Anda bisa membuat penguat sinyal sendiri dari bahan bekas. Anda hanya perlu menyiapkan silet bekas dan kertas alluminium. Buat silet tersebut menjadi magnet dengan cara digosok-gosokkan magnet, kemudian masukkan silet yang sudah jadi magnet kedalam alluminium foil. Lalu tempelkan kedalam back cover/ case smartphone anda.

 7. Pasang Antena Luar

Jika lingkungan ditempat anda penangkapan sinyal dari provider memang tidak bagus, memasang antena luar bisa menjadi solusi paling ampuh meningkatkan sinyal android dengan stabil. Karena smartphone saat ini jarang terdapat port lubang antena, umumnya antena yang dijual dipasaran juga menggunakan sistem induksi. Pasang antena luar dengan posisi mengarah ke pemancar provider kartu yang anda gunakan, lalu tempelkan ujung kabel antena kedekat smartphone anda.

 8. Beli Stiker Penguat Sinyal

Stiker dari bahan logam tipis ini bisa anda tempel pada baterai/ back cover smartphone anda. Fungsinya hampir sama dengan memasang antena luar namun bekerja dengan cara induksi. Meski hasilnya tidak sebagus dibanding dengan memasang antena luar, dibeberapa model ponsel lama, stiker cukup membantu dalam meningkatkan penagkapan sinyal.

 9. Ganti smartphone

Jika semua cara diatas tidak mampu mengatasi sinyal yang lemah di androidmu, anda wajib curiga dengan smartphone anda sendiri. Beda smartphone beda juga kualitas hardware dan software yang digunakan termasuk kinerja dalam menangkap sinyal. Jika dilokasi yang sama sinyal ponselmu lemah tetapi sinyal smartphone temanmu bagus, atau sebelumnya sinyal hp bagus tapi sekarang tidak bagus, berarti ada yang salah pada smartphone anda. Kemungkinan ada komponen hardware yang rusak. Bawa ke tempat service atau jika perlu, mungkin sudah saatnya anda perlu mengganti smartphone baru.

Demikian beberapa cara memperkuat sinyal smartphone android tanpa memerlukan aplikasi tambahan. Jika Anda punya cara yang lebih ampuh mengatasi sinyal lemah pada smartphone, jangan segan untuk berbagi tipsnya dengan menuliskannya dikolom komentar. Semoga bermanfaat.